Cara Ngecas HP yang Benar agar Baterai tetap Awet

Cara Ngecas HP yang Benar agar Baterai tetap Awet

Aplimelta.com – Sebuah smartphone lama kelamaan pasti penggunaan batterai HP akan semakin cepat habis (boros) dan terkuras. Jika kamu perhatikan, batu batere setelah satu dua tahun tidak akan bertahan lama seperti baru.

Bahkan masalah serius lain bisa menyebabkan stabilitas sistem ponsel. Adanya hal ini, kita sebenarnya bisa mencegah penggunaan baterai agar tetap awet dengan cara memperhatikan saat men-charge (cas) Smartphone.

Kapasitas batterai HP seiring bertambahnya usia pasti akan menurun bahkan bisa sampai ngedrop. Tetapi ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memperpanjang usia penggunaan baterai.

Jika kalian penasaran dengan masa pemakaian yang lama. Simak tips yang akan ulas di bawah ini.

5 Cara Merawat Baterai HP agar Awet Lama

Baterai ponsel jika cepat habis memang membuat jengkel. apalagi disaat kita sedang bepergian jauh tanpa ada catur daya listrik untuk mengisi kembali batere.

Walaupun sudah membawa PowerBank untuk sedikit meminimalisir keadaan. kapasitas daya yang di miliki powerbang juga tidak cukup baik buat hp kita.

Oke, sekarang mari kita lihat apa saja tips merawat baterai hp agar tetap awet lama.

1. Pastikan Penggunaan Baterai Ponsel jangan sampai 0%

Memakai hp terlalu lama hingga 0% bisa berdampak buruk terhadap baterai ponsel kedepannya. Masalah serius yang akan timbul bahkan dapat sampai Drop. Terlebih jika ingin mengisi ulang baterai hp dari 0% juga membutuhkan waktu agak lama.

Saran saya pergunakan hp sewajarnya saja. kalaupun bisa pakailah sampai baterai mencapai 20-30% saja. biasanya juga setiap smartphone bila sudah mencapai di 20 atau 15 percen akan di beri notifikasi baterai lemah.

2. Pastikan Hp Kalian di Cas langsung ke Terminal Listrik

Sebagian orang pasti pernah melakukan hal ini. maksudnya mereka charge ponsel buka langsung dari soket listrik. melainkan melalui laptop, pc atau komputer dan juga lewat powerbank. Pengisian baterai hp bukan dari terminal bisa berdampak buruk.

Karena setiap baterai membutuhkan kapasitas daya yang stabil. jika kita melalukan cas dengan yang saya sebutkan di atas. listrik dari sumber tersebut tidak stabil dan tentunya juga lemah.

3. Pastikan Setelah Baterai Hp Penuh langsung di Copot

Setiap baterai hp mempunyai kapasitas daya sendiri-sendiri. mungkin kalian pernah kelupaan saat sedang cas hp tertinggal tidur. hal ini tidak bagus buat keawetan baterai ponsel.

Jadi, pastikan bila sedang mengisi baterai janganlah terlalu lama. jika sudah mencapai 100% lebih baik langsung copot saja. bahkan hal tersebut bisa menyebabkan baterai meledak.

4. Pastikan Memakai Charge Asli (original) bukan Bajakan

Kalian juga mungkin sudah mengetahui hal ini. sudah banyak kejadian bila mengisi baterai hp dengan Cas / USB bukan asli ponsel bisa di pastikan pengisian akan lebih lama. hal ini disebabkan karena setiap kabel charge memiliki output dan input yang berbeda-beda.

Jadi, menggunakan cas bajakan memang berdampak buruk buat baterai hp kedepannya.

5. Pastikan Simpan HP di Tempat Sejuk

Bisa kita lihat kenapa setiap alat elektronik harus di simpan / letakkan pada tempat yang sejuk, bukan di tempat panas maupun yang berlembab. Suhu memang dapat menyebabkan baterai hp menjadi rusak, error dan drop.

Coba kita lihat, jika kita menggunakan hp di atas gunung dengan udara yang dingin. baterai hp akan cepat habis dan boros. tidak lupa juga di suhu panas, hasilnya juga sama saja membuat baterai hp boros dan rusak.

Nah, sekarang sudah tau kan?

Akhir kata

Mungkin hanya itu saja tips cara cas baterai agar tetap awet. bila ada kesalahan dalam penulisan maupun ejaan kata saya, harap di maklumi saja ya guys.

Itulah yang bisa saya bagikan. semoga bermanfaat bagi sobat semua. bila ada yang ingin di pertanyakan, tulis saja di kolom komentar.

Leave a Comment