Cara Mengamankan Akun Facebook Agar Tidak Dibajak

APLIMELTA.COM – Pastinya sobat semua mempunyai akun facebook yang telah terdaftar kan? Baik itu akun pribadi resmi (official) maupun iseng-isengan (role play). Siapa juga sih yang belum tau Facebook? Namun, karena banyak pengguna nya. Facebook rawan dengan hal pembajakan (hacking) pengambilan akun. Oleh sebab itu, untk mencegah agar facebook tidak mudah di bajak. Sobat bisa lakukan tips dan trick cara mengamankan akun fb agar lebih safe lagi.

Walaupun sejatinya facebook atau FB sudah lebih ketat dalam hal pembajakan seperti adanya fitur keamanan yang sulit di bajak, verifikasi 2 langkah. Tetapi, masih saja banyak orang yang mencoba untuk meretas akun facebook. Mungkin tujuan mereka iseng, benci, penasaran dll.

Nah, jika sobat mempunyai akun facebook. Pasti tidak menginginkan akun kalian jadi korban peretasan kan? Apalagi jika dalam akun fb kamu ada file atau sesuatu yang penting. Dengan cara mengamankan akun facebook harus menjadi prioritas utama dong.

Cara Mengamankan Akun Facebook


cara mengamankan akun fb



1. Aktifkan Pemberitahuan atau notifikasi Login Akun FB Via SMS & Email

Mengaktifkan fitur pemberitahuan masuk ke akun facebook dapat mencegah aktifitas peretasan.

Dengan fitur notif ini sobat, nanti akan mendapatkan / menerima notifikasi jika ada orang lain yang mencoba masuk kea kun facebook kalian. Pemberitahuan tersebut akan di kirim melalui SMS atau ke alamat email.

Namun, agar fitur pemberitahuan ini bisa berfungsi secara baik. Kamu harus mengaitkan terlebih dahulu akun FB sobat dengan nomor telepon “Aktif” dan Alamat Email aktif terlebih dahulu. Hal ini juga akan bermanfaat jika akun facebook kamu lupa sandi atau di bajak agar bisa pulih kembali.

Langkah ini merupakan cara mengamankan akun fb yang ampuh. Sehingga sobat tidak perlu khawatir jika akun Facebook nanti dibajak orang lain.

Sebab, saat ada orang lain yang berusaha masuk atau login keakun Facebook lalu berhasil mengaksesnya, maka nanti pihak facebook akan mengirim notifikasi via sms & alamat email yang terkait.

Berikut lokasi fitur notif nya : Pengaturan > Keamanan > Pemberitahuan Masuk

2. Menggunakan dan Mengganti Kata Sandi akun FB agar tidak mudah di tebak

Gunakanlah kata sandi / Password akun Facebook yang sulit, unik, bervariasi, panjang dan tentunya harus sulit di tebak oleh orang lain tetapi harus mudah di ingat oleh kalian sendiri. Pihak facebook sendiri telah merekomendasikan minimal sampai 8 Character/huruf.

Jangan pernah gunakan password fb memakai nama lengkap kalian, tanggal lahir, nama pacar atau pasangan, nomor telepon, nama orang tua, tanggal istimewa, angka semua yang tentunya mudah di tebak.

Berikut lokasi perubahan password facebook : Pengaturan >> Umum >> Kata Sandi

3. Mengaktifkan Persetujuan Kode Keamanan Dari Akses Browser Yang Dikenali

Ketika sobat menghidupkan fitur ini, nanti ketika akun Facebook kalian diakses dari browser yang tidak dikenali (menggunakan aplikasi browser dari hp / perangkat lain. Maka kamu akan dikirimkan Kode Konfirmasi via sms.

Namun, dalam tips cara mengamankan akun facebook ini sobat harus hati-hati dalam pengaitan nomor telepon. Jangan sampai nomor yang di kaitkan sudah hilang masa aktif atau sudah mati.

Berikut lokasi fitur persetujuan kode keamanan : Pengaturan >> Keamanan >> Persetujuan Masuk

4. Sembunyikan Informasi Penting Yang Terhubung Di Akun Facebook

Mungkin hal ini yang sering sobat abaikan. memperlihatkan informasi penting di akun fb adalah hal ceroboh.

Maksud saya disini, informasi penting seperti alamat email, nomor hp, alamat rumah dan lainnya. Terutama adalah email/gmail dan nomor telepon yang di gunakan untuk membuka akun Facebook.

Alangkah baiknya segera sembunyikan informasi penting tersebut mulai dari sekarang. hal ini untuk menjaga & meningkatkan keamanan akun fb sobat agar tidak mudah untuk dibajak oleh orang lain.

Berikut Lokasi untuk mengubah informasi penting : Profil >> Tentang >> Info Kontak dan Dasar

5. Aktifkan lah Contact Terpercaya

Fitur ini berguna ketika sobat tidak dapat membuka / mengakses akun Fb karena lupa password (kata sandi) ataupun alamat email nya. selain itu, fitur ini juga dapat mengamankan akun fb saat sudah di bajak.

Dalam pemilihan kontak ini, sobat harus memilih orang atau teman fb yang benar-benar bisa di percaya. jika bisa pilih teman yang sering online saja, biar lebih mudah saat nanti pemulihan akun.

Berikut Lokasi fitur pemilihan kontak terpecaya : Pengaturan >> Keamanan >> Persetujuan Masuk

Ringkasan mengamankan Akun Facebook biar Tidak Mudah Dibajak
Mungkin saja tips cara Mengamankan akun fb ini masih kurang lengkap. tetapi semua langkah diatas dapat mencegah / meminilisir akun facebook sobat untuk di bajak orang lain.

Itulah yang bisa saya bagikan mengenai cara mengamankan akun facebook. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Bila ada yang ingin di pertanyakan, tulis saja di kolom komentar.