Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot di Android

APLIMELTA.COM – Kebanyakan orang pasti pernah merasakan bagaimana memiliki kecepatan internet yang lambat. Misalnya ketika sedang melakukan Video Call, mengupload sebuah file ke penyimpanan online atau cloud, menonton video di youtube atau mungkin yang paling ngeselin saat bermain game online. Tentu masalah ini merusak pengalaman atau experience online kita bukan jika kita tidak langsung mempercepat masalah jaringan inet lelet ini dengan cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot.

Penyebab internet lemot, biasanya masalah ini sering kali disebabkan karena faktor sinyal dan lokasi. Terlebih bila memang karena faktor tempat tinggal dan keadaan, apa daya kita juga tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyesuaikan keadaan lokasi yang jarang sinyal ini. Apalagi merubah layanan penyedia internet, bisa saja provider baru yang dipilih malah susah lagi mencari jaringan nya.

Contoh kecil jika sobat berada di desa, mungkin kecepatan koneksi internet sangat lambat adalah hal sering di alami. Nah untungnya terdapat beberapa metode dan tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan jaringan internet agar lebih cepat dan fast..

Dalam panduan yang admin tulis ini mengenai tentang cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot di android. saya akan membagikan 7 langkah bagaimana meningkatkan kecepatan koneksi paket internet sobat.

Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot di Android


Cara Mengatasi Sinyal Full Tapi Internet Lemot

1. Update Aplikasi Browser Android


Bisa saja saat browsing koneksi internet sobat lambat, itu di karenakan aplikasi yang kamu pake sudah lawas dan belum di update ke versi terbaru.

Terlebih pada aplikasi versi terbaru biasanya akan di berikan fitur baru serta memperbaiki bug atau kode error.

Sebenarnya malakukan pembaharuan aplikasi browser bisa sedikit membantu mempercepat koneksi internet. Mengupdate ke versi baru juga tidak terlalu buruk, bahkan selain mempercepat jaringan internet biasanya ada tambahan fitur baru yang diberikan oleh pihak developer.

Saran saya, jika sobat pakai browser seperti UC dan google chrome. menurut pengalaman, yang paling enak dan fast yaa app tersebut.

2. Bebaskan Kapasitas RAM


Setiap plikasi android yg berjalan (running) pada smartphone hp menggunakan memori RAM. biasanya jika kapasitas RAM sedikit atau bahkan sudah hampir habis ponsel akan terasa lambat.

Itu juga mempengaruhi kecepatan internet pada hp sobat. karena sekarang ini semua aplikasi android khususnya browser, menyedot penyimpanan kapasitas RAM yang cukup besar. dengan begitu app tersebut akan berjalan dengan normal.

Masalahnya jika ponsel kita hanya memiliki Ruang penyimpanan RAM yang sedikit. menambah kapasitas RAM di android kayaknya belum bisa, jika tidak memiliki akses root. dengan akses Root ini, sebenarnya bisa di akali dengan virtual storage pada RAM.

3. Kompress Gambar


Setiap Website biasanya terdapat konten gambar dengan ukuran yang besar. hal ini bisa mengakibatkan koneksi jaringan internet lemot. namun, setiap browser juga biasanya terdapat fitur untuk mengcompress gambar. atau juga bisa menggunakan fitur data saving dalam mencegah hal tersebut.

Kebanyakan browser sekarang sudah di bekali hal tersebut. seperti halnya Google Chrome, disana ada fitur yang berguna untuk mempercepat koneksi internet. sobat tinggal mengaktifkan alat ini maka google chrome akan mengcompress semua website dengan gambar size yg besar saat di kunjungi..

4. Aktifkan Mode AdBlock


Bukan hanya gambar, iklan juga mempengaruhi kecepatan internet. kok bisa? biar sobat tau, semua kode iklan itu menggunakan javascript. sehingga halaman yang dimuat harus melakukan perenderan serta pengalihan terlebih dahulu.

Dengan memanfaatkan add-ons AdBlocker ini bisa memblokir iklan yang tampil pada blog. walaupun, itu mengurangi pendapatan blogger seperti saya ini. tapi hal itu sangat efektif.

5. Hapus Data History, Cache dan Cookie


Mungkin sobat sudah bosan dengan Tips ini. setiap mengatasi kecepatan pada android, pasti akan ada rekomendasi untuk menghapus data cache dan cookie. tapi jika histori semakin menumpuk memang bisa mempengaruhi kecepatan internet pada browser.

Karena nantinya halaman web tidak di muat dengan benar. sehingga loading juga tiba-tiba bisa menjadi tidak berfungsi dengan benar..

6. Protect Android dari virus


Virus? memang menjadi musuh alami untuk peralatan teknologi. selain merusak, virus juga bisa memperlambat kinerja android sobat. jika hp sudah lemot, koneksi pasti bakal ikut-ikutan melemot.

Virus ini memperlambat pemrosesan data dan mengacaukan penggunaan bandwidth. jadi, sobat lebih rutin lagi mengecek perangkat agar terhindar dari virus. hal tersebut juga meminimalisir pencegahan agar ponsel kamu tidak cepet rusak.

7. Ganti Provider


Penyebab paling terakhir mengapa kecepatan internet lemot, yaa ini pelakunya. untuk indonesia sendiri, khususnya wilayah perdesaan masih belum mendukung sinyal yang stabil. tapi, alangkah tepatnya jika kamu memilih provider dengan sinyal jaringan paling bagus di desa.

Ringkasan Mempercepat Internet Android

Mempercepat koneksi internet, banyak tips yang sebenarnya masih ingin saya tulis. banyak sekali penyebab yang menimbulkan masalah tersebut sebenarnya. tapi kapan-kapan aja deh guys, hehe...

Itulah yang bisa saya bagikan tentang seputar cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot di android. semoga bermanfaat bagi sobat semuanya. bila ada permasalahan mengenai artikel di atas, tulisa saja di kolom komentar.