Cara Membuat Bubble Chat di Semua Aplikasi Android

Aplimelta.com - Notifikasi gelembung atau biasa di sebut dengan bubble chat. merupakan sebuah pemberitahuan ketika hp sobat mendapatkan pesan masuk, akan muncul balon obrolan pada tampilan utama layar hp. Jika sobat memakai aplikasi facebook messenger di smartphone android. pasti sudah tahu tab pop-up chatting melayang ini. Nah, cara kali ini kita akan membuat bubble chat di semua aplikasi.

Dengan adanya notifikasi gelembung ini, akan memudahkan kita dalam hal percakapan. Kenapa tidak. Pasalnya, kita tidak harus membuka berulang ulang aplikasi chatting kan. ada chat muncul, langsung balas deh menggunakan kotak bubble chat pada layar ponsel.

Berbeda dengan facebook message yang memakai bubble chat. Untuk aplikasi social media berbasis chatting lain. Seperti whatsapp, instagram, line, BBM, Snapchat hanya memunculkan pesan pemberitahuan di bar saja. Jadi untuk membalas chatting, kita harus masuk dulu ke aplikasi tersebut. Tidak terlalu nyaman, pastinya.

Maka dari itu, sekarang saya akan memberitahukan sobat aplimelta. cara membuat bubble chat untuk semua aplikasi. biar saat mau chattingan, gak ribet buka tutup app whatsapp, ig line ataupun BBM.

Cara Membuat Bubble Chat di Android


Cara Membuat Bubble Chat di Semua Aplikasi Android

Dalam ponsel pintar kita, pasti akan di pasang application bawaan oleh pihak pembuat. untuk yang berbasis sosmed sendiri, mengharuskan kita untuk mengunduhnya secara manual/opsional. jadi, wajar saja jika notifikasi yang muncul hanya terlihat di bar layar hp android saja.

Walau begitu, untuk membuat bubble chat ini. sobat nanti akan menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai aktor pelaksana. untuk itu, kamu siapkan dulu kuota internet.

Aplikasi bantuan yang akan saya tampilkan sebagai contoh adalah DirectChat (chatheads for all). ukurannya juga tidak terlalu besar. cuma sampai 7.5 MB kalo tidak salah. jadi aman untuk penyimpanan storage sobat.

Okee, langsung saja deh ke langkah tutorial nya :

  1. Pertama, kamu download terlebih dulu aplikasi DirectChat ini di Google Play Store atau disini juga boleh.
  2. Jangan lupa di install ya boss..
  3. Setelah itu, langsung buka saja. maka akan muncul notif permintaan izin. sobat aktifkan izin tersebut.
  4. Tahap Selanjutnya, kamu pilih aplikasi chatting yang ingin di tampilkan balon obrolan nya.Ex : saya memilih whatsapp.
  5. Kemudian atur setelan yang ingin sobat gunakan. atau jika ingin menggunakan settingan default juga tidak masalah.
  6. Finish.

Nah, mulai sekarang. ketika kamu mendapatkan pesan teks baru, dengan otomatis notifikasi gelembung akan muncul. sobat hanya perlu menekan ikon tersebut, dengan sendiri akan terbuka layar percakapannya.

Cukup mudah bukan?

Ringkasan Membuat Bubble Chat di Semua Aplikasi Android


Jika kalian mengalami masalah, bubble chat tidak tampil di layar utama android. bisa tulis saja di kolom komentar. karena setiap hp berbeda setelan.

Saya harap artikel ini, bermanfaat bagi sobat semua.