Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bicara Performa, ASUS ROG Phone 3 Juaranya Smartphone Gaming

asus rog phone 3

Dalam Pembahasan tulisan kali ini mari kita berkenalan lebih jauh dengan ROG Phone 3 - The Ultimate Winner, ponsel gaming high-end terbaru besutan Asus yang termasuk dalam jajaran ROG atau singkatan dari Republic of Gaming.

ASUS sendiri begitu terkenal dan melekat dengan GAMING, mereka tahu bagaimana menggaet sebagian popularitas gamer dengan produknya, khususnya kalangan mobile gaming. Alhasil kini ROG Phone 3 telah rilis secara global dan menjadi smartphone gaming paling kuat di pasaran, tidak ada ponsel lain yang dapat mengalahkannya dalam hal kinerja. Kehadirannya pun menjadi pertanda baik bagi kalangan gamer, bagaimana tidak...

Muncul dengan processor Snapdragon 856+ yang merupakan CPU paling kuat di pasaran, dilengkapi dengan RAM LPDDR5 sehingga frekuensi atau RAM jauh lebih tinggi daripada smartphone lainnya, serta didukung ROM UFS 3.1, tentu akan menghadirkan kinerja ponsel secara menyeluruh menjadi yang tercepat. Bukan tak mungkin lagi kalau menjadikan ROG Phone 3 ini sebagai sang juara, jadi penyematan The Ultimate Winner bukan hanya sebatas titel semata.

Tidak sekedar itu saja yang dimiliki oleh ROG Phone 3 ini, penampakan yang dijelaskan tadi itu masih segelintir dari peningkatan setiap aspek yang ada pada pendahulunya, masih banyak yang akan dibahas lebih detail demi memenuhi pengetahuan kalian tentang Smartphone unggulan ASUS ini.

Bicara Performa, ROG Phone 3 Juaranya


Sudah menjadi tren bahwa setiap kali ASUS merilis smartphone ROG mereka, pasti selalu saja menjadi ponsel tercepat di tahun itu. Jadi saya rasa pemilihan judul artikel ini sudah tepat, dan kalian tidak akan mempermasalahkan hal ini, mengingat asus memang benar-benar mengoptimalkan smartphone ini untuk gaming dan tentu dengan spesifikasi yang tidak main-main.

Selain tentang spesifikasi kelas atas yang menjadikannya sebagai HP tercepat saat ini, ponsel keluaran anyar ini juga disupport dengan fitur-fitur gaming yang tidak dimiliki oleh smartphone lain, serta aksesoris pendukung yang akan menyuguhkan experience gaming bikin lebih ketagihan main game lagi. Sebagai permulaan, mari kita lihat dulu dari sektor performance-nya.

Powerfull Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform


qualcomm snapdragon 865 plus

performance rog phone 3

ROG Phone 3 adalah smartphone pertama di dunia yang hadir dengan chipset Snapdragon 865 Plus Mobile Platform 5G. Ini adalah SoC Qualcomm terbaru yang merupakan perbaikan dari Snapdragon 865. Chip ini sendiri termasuk dalam seri Snapdragon Elite Gaming, yang mana perakitannya benar-benar dioptimalkan sepenuhnya untuk keperluan gaming.

Performanya dikatakan 10% lebih kencang dari segi CPU dibanding pendahulunya. kemudian untuk kecepatan maksimal clock prosesor atau core utamanya sendiri mengalami peningkatan sampai 3.1 GHz, untuk pertama kalinya ada ponsel dengan CPU frekuensi diatas 3 GHz, dukungan ini pastinya akan membuat kinerja yang dimiliki ROG Phone 3 menjadi sangat ganas.

Selain itu, prosesor Snapdragon 865 plus ini juga dikombinasikan dengan komponen lain yang juga mempunyai kinerja paling cepat saat ini. Dari segi grafis, performanya didukung oleh GPU Adreno 650 yang di-overclock sebanyak 10%, dibantu dengan RAM LPDDR5 yang jika dibandingkan LPDDR4 kecepatannya diklaim 51% lebih tinggi, serta Storage yang memiliki kualitas mumpuni UFS 3.1 dengan kinerja 15% lebih cepat dari saudaranya UFS 3.0.

Dengan kejutan ini, ROG Phone 3 mengungguli ponsel lain dengan perbedaan yang cukup signifikan. jadi sudah tidak mengherankan didaulat menjadi perangkat seluler paling tercepat dan tentu juarannya smartphone gaming.

Kemudian ada hal yang cukup menarik, asus menjanjikan tidak ada throttling atau penurunan performa, atau paling tidak sangat minim sekali penurunan performanya. Dan bahkan katanya, untuk performa core mereka ini akan tetap stabil dan terus-menerus bertahan di 3.1 Ghz. Uniknya lagi, sebelumnya dipengujian ROG Phone 2 yang prosesornya memakai Snapdragon 865 saja, sebenarnya juga sudah dapat melakukan hal tersebut dan mempertahankan kinerja CPU mereka.

Jadi sudah gak perlu khawatir lagi mengalami frame-drop saat main game memakai Asus ROG Phone 3. Dengan spesifikasi kelas atas begini memainkan game dengan pengaturan grafik penuh sekalipun sudah nggak mustahil lagi, ditambah kolaborasi antara GPU Adreno 650 dan layar 144Hz yang mulus, pengalaman main game kalian pasti akan sangat luar biasa dan tentu akan mencapai total immersion :v.

Selain itu chipset ini sudah mendukung jaringan 5G, fitur tersebut dapat memungkinkan penggunaan jaringan 5G. walaupun untuk sekarang jaringannya sendiri masih belum tersedia di indonesia, bukan sebuah masalah bahkan bisa jadi ini adalah bentuk antisipasi, misalnya saja suatu saat jaringannya sudah tersedia, maka kita tidak perlu beli smartphone baru yang mendukung layanan tersebut.

GAMECOOL 3 - Comprehensive Cooling System


gamecool 3 rog phone 3

ASUS ternyata masih belum puas jika hanya mengandalkan SoC paling canggih tersebut sendirian. Hasilnya mereka mengkombinasikanya dengan Sistem Cooler GAMECOOL 3 yang sudah ditingkatkan, mereka berharap sistem pendingin baru ini akan membantu Snapdragon 865+ mempertahankan kecepatan clock puncaknya lebih lama lagi ketika sedang digunakan bermain game, terlebih untuk game-game yang berat.

Teknologi Game Cool 3 sendiri menyediakan sistem pendinginan terlengkap dan berada diposisi yang tepat, sehingga dipastikan hawa panas dari CPU, GPU, dan modem 5G akan bisa menurun dengan sangat cepat. hotspot atau hawa panas itu akan dibuang melalui ventilasi yang sudah dirancang secara khusus. Dan yang bikin tambah optimal lagi, sistem ini bisa berkolaborasi dengan aksesoris AeroActive Cooler 3.

ASUS AeroActive Cooler 3


ASUS AeroActive Cooler 3

Selain memiliki sistem pendingin GAMECOOL 3 yang tertanam pada hardware, ROG Phone 3 juga mendukung cooling fan eksternal yaitu ASUS AeroActive Cooler 3. Aksesoris ini sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan suhu smartphone lebih stabil dan tetap dingin, karena ventilasi yang dimiliki nya cukup besar. sehingga dengan bantuannya akan membuat pengalaman gaming lebih dingin lagi.

Selain itu AeroActive Cooling ini juga memungkinkan ponsel dapat mempertahankan kecepatan clock prosesor maksimum di 3.1GHz secara terus-menerus. Menariknya lagi item ini akan mampu meminimalisir throttling atau penurunan performa ketika ponsel sedang digunakan bermain game yang berat sekalipun. 

Diversi yang sekarang Aero Active Cooling ini sudah mempunyai kickstand yang akan berguna, misal ingin menonton video, maka tinggal menaruh smartphone dipermukaan datar secara landscape saja. jadi menonton akan terasa lebih nyaman dan nggak perlu repot lagi memegang ponsel dengan tangan kita. 

Lalu dibagian bawahnya ada sebuah Port Type C dan 3.5mm headphone jack. Ini yang penting, demi experience bermain game tanpa celah, tentu kita akan memakai headphone kabel biar tidak delay suara yang dihasilkan.

Stunning 144Hz Amoled Display


Stunning 144Hz Amoled Display rog phone 3

Beralih ke bagian layar, ROG Phone 3 hadir dengan layar panel FULLHD+ AMOLED Display berukuran 6.59 inci yang sudah mendukung standar konten 10 bit HDR10+ sebuah fitur paling canggih yang membuat tampilan layar begitu jelas nan detail, serta memiliki resolusi sebesar 2.340 x 1.080 piksel. Biarpun ada spesifikasi panel yang lebih tinggi daripada tipe Amoled, tapi layar ini sejatinya dirancang memang untuk kebutuhan gaming. AMOLED sendiri akan membuat response time menjadi sangat cepat yaitu cuma 1ms. 

Masih seputar layar, ROG Phone 3 juga dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 6 yang berada didepan panel layar. Selain itu, demi mengurangi efek kelelahan mata karena penggunaan ponsel dengan durasi yang lama, perangkat ini telah bersertifikasi TÜV Rheinland dengan pengujian Low Blue Light dan teknologi Flicker Reduction.

Lalu berkat dukungan Qualcomm Snapdragon 865+ 5G sebagai chip paling mutakhir, membuat layar ponsel ini memiliki refresh rate tertinggi yang ada di pasaran saat ini yaitu 144Hz. Ditambah adanya fitur opsi tambahan untuk merubah settingan refresh rate, yang memungkinkan kita mengganti pengaturan tampilan baik di 120Hz, 90Hz, 60Hz, maupun auto sesuai penggunaan. Efek dari adanya refresh rate 144Hz ini akan mebuat tayangan pada layar mengalir mulus dan smooth.

Kemudian komponen paling penting bagi kalian yang hobi bermain game adalah touch sampling rate-nya yang kini sudah 270Hz. Layar dengan touch sampling rate secepat ini pasti akan bisa memberikan sensitivitas sentuhan lebih cepat lagi. Tentu kecepatan ini harus dibarengi juga refresh rate yang tinggi agar seimbang, sehingga kinerja yang dihasilkan tetap optimal.

Latency sentuhanya juga berada diangka 25ms saja, padahal rata-rata smartphone berada di 40ms bahkan lebih, tetapi di ROG Phone 3 ini cuma 25ms sangat Ultra-Low sekali touch letency-nya. Sedangkan untuk slide latency atau latency geseknya bahkan lebih rendah lagi yang cuma sampai 18ms. Sehingga hal ini akan membuat input sentuhan kita ke layar tuh instan sekali untuk dikonversi jadi action/aksi, akan sangat terpakai saat memainkan game yang membutuhkan responsifitas tinggi.

Selain itu, Asus menjanjikan untuk color Accuracy atau Akurasi warna pada Delta-E nya di bawah 1 (Delta E<1), sumpah ini nilai yang sangat kecil. Perlu kalian ketahui, semakin kecil nilai dari delta E maka akan semakin akurat juga warna yang ditampilkan pada layar display. Intinya ponsel ini dapat menampilkan visual gambar dengan sangat jelas dan tajam seperti aslinya.

Tentang dukungan-dukungan game, asus mengungkap akan ada lebih 100+ game yang support 144Hz Display. Adanya dukungan ini mengharuskan kerjasama antara asus dengan developer gamenya. Bukan sekedar memasang layar 144Hz, ternyata game yang tersedia tidak ada yang support. Jadi bisa kita lihat keseriusan Asus dengan ROG Phone 3-nya ini, “nih tak kasih ponsel dan game yang specnya setara, kalo spec hp sultan, masa gamenya tidak!”, begitu sih kira-kira yang saya tangkap :v.

Monster 6000 mAh Battery


Monster 6000 mAh Battery

Di sektor Daya, ROG Phone 3 dikemas dengan baterai berkapasitas 6000 mAh untuk penggunaan sepanjang hari, dan dilengkapi dengan pengaturan Slow Charge. sehingga saat ketika main game dengan charging sekalipun suhu smartphone akan tetap adem, karena disini baterai tidak dipaksa untuk terus-menerus diisi dayanya.

Ini menandakan bahwa stress atau tekanan pada baterainya itu rendah, alasanya sebab ini adalah smartphone gaming, pastinya bakal sering digunakan bermain game dengan waktu yang lama, ditambah sambil ngecas, jadi saya rasa ASUS mempersiapkannya agar tekanan baterai tidak tinggi.

Lalu tersedia juga fitur Custom battery mode dan Teknologi power-saving yang sangat menarik, karena disini kita dapat mengatur masa pakai battery jauh lebih lama 2x lipat atau hingga 67%. Karena pada dasarnya, settingan ini akan melibatkan pembatasan pada brightness dan contrast layar, menonaktifkan GPS, dan mematikan aplikasi yang tidak terpakai.

Fitur ASUS PowerMaster juga akan sangat berguna karena memungkinkan kita mengatur batas pengisian baterai. misalnya, tidak ingin mengisi penuh daya baterai, disitu bisa diatur pengisiannya sampai 80% saja.

Disamping itu, ponsel ini juga dipersenjatai dengan pengisi daya 30W Quick-Charge 4.0 menggunakan teknologi ASUS Hyper-Charger, yang bisa menambah pengisian daya pada baterai menjadi lebih cepat. Jadinya tidak perlu menunggu lama kalau ingin segera memainkan game favorit lagi. 

Software & Fitur Gaming Terbaik


Sebagai perusahan yang sudah lama berkiprah disektor gaming, Asus tentu sangat memahami fitur-fitur pendukung apa yang dibutuhkan oleh para gamer. Jadi keseriusan mereka ini tidak hanya berfokus pada jeroanya saja, tapi baik disegi software dan fitur gaming, mereka juga benar-benar serius mengerahkan segala upaya demi memberikan performa gaming lebih imersif, bahkan untuk gamer hardcore sekalipun.

X MODE


X MODE rog phone 3

Pertama ada fitur X MODE yang didedikasikan secara spesial untuk Gaming. Fitur ini sendiri sebenarnya sudah tertanam di ROG Phone 2 dan telah mengalami upgrade. Ketika diaktifkan performa modenya maka akan membuka potensi maksimum dari Snapdragon 865+, pada posisi ini ponsel sudah siap digunakan untuk bermain game secara total.

X MODE memiliki beberapa tingkatan level dan secara default berada dalam mode standar, pada level ini based clockspeednya berada di 800MHz. Ketika X MODE gaming diaktifkan maka kecepatan clocknya akan naik yakni berada di 2GHz, pada kondisi level 2 ini ponsel siap untuk dipakai bermain game. Terakhir adalah X MODE level 3 yang aktif jika aksesoris AeroActive Cooler telah terpasang, ditahap ini kinerja corenya akan ditingkatkan hingga pada performance extranya secara stabil.

GAMEFX


GAMEFX rog phone 3

Biar bisa mendapatkan pengalaman audio di tingkat yang lebih tinggi dan detail, asus merancang Sistem audio GameFX pada ROG Phone 3-nya berkolaborasi langsung dengan perusahaan yang memang sudah ahli dibidang audio yaitu DIRAC HD Sound.

Lalu terdapat dua speaker stereo yang menghadap ke depan, posisi yang menurutku sangat tepat karena audio suara yang keluar tidak melebar ke samping atau kebelakang, tetapi langsung menghadap ke depan badan sehingga hasil suara lebih fokus dan jelas.

Selain itu terdapat juga fitur lain seperti Game Mode calibrated yang akan membantu kita menemukan lokasi musuh menggunakan algoritma audio yang unik. Bahkan diklaim bisa membuat efek suara saat bermain game itu tidak ada crosstalk, tentu ini fitur yang akan sangat berguna khususnya untuk game dengan genre battle royal.

AERO AIRTRIGGER 3


airtrigger 3 rog phone 3

Kemudian pada ROG Phone 3 tertanam fitur AirTrigger terbaru berteknologi touch sensors ultrasonik. Air Triggers ini memiliki fungsi sebagai control atau tombol virtual yang dapat kita atur sesuai kebutuhan. jadi ketika ingin bermain game itu kita bisa mengganti fungsi tombol yang ada di game ke tombol airtrigger 3 ini.

airtrigger 3 button rog phone 3

Pada generasi ketiga ini, Airtrigger dikemas dengan fitur yang lebih banyak dibandingkan pendahulunya. Misalnya, touch sensor Ultrasonik sekarang mendukung control gerak seperti Tap, Swipe, Slide, Finger resting, Dual partition buttons dan yang terakhir mode Continuous trigger. Hadirnya fitur ini dapat memberi lebih banyak ruang untuk para gamer dalam menyesuaikan dan meningkatkan pengalaman bermain game mereka.

ROG Connect


ROG Connect rog phone 3

Lalu Tersedia juga fitur ROG Connect berfungsi sebagai wadah online untuk sesama komunitas pengguna ROG Phone. Jadi disini kita bisa saling sharing tentang konten terkait gaming dengan sesama pengguna smartphone seri ROG lainnya.

Game Genie


Game Genie rog phone 3

Dengan Game Genie akan memudahkan kita dalam memanage fitur-fitur gaming yang tertanam di ROG Phone 3 sesuai dengan keinginan, seperti kustomisasi airtrigger, kemudian terdapat juga fitur screen recording yang sudah ditingkatkan, mengaktifkan/menonaktifkan fitur X Mode, merubah settingan Frame rate atau FPS game pada tingkatan tertentu dan fitur-fitur gaming lainnya.

Unparalleled Connectivity


Unparalleled Connectivity rog phone 3

Dilengkapi dengan teknologi HyperFusion dengan 4 unit antena, akan membuat koneksi kita jadi lebih ultrastabil lagi. Hal ini karena fitur ini bekerja dengan cara memilih koneksi mana yang paling tercepat antara wifi dan GSM. Dukungan 5G dan WIFI-6 paling mutakhir dapat menguatkan sinyal agar jaringan bisa lebih cepat lagi.

Quad-Microphone System


Quad-Microphone System rog phone 3

Kehadiran 4 microphone ini sangat membantu sekali saat bermain game. Misal ada beberapa microphone yang tertutupi oleh tangan kanan maupun kiri, masih ada titik microphone lain yang terbuka. Dilengkapi juga dengan teknologi noise-canceling quad-mic array yang bisa meredam kebisingan dan menjernihkan suara kita dari noise.

Side-Mounted Port


Side-Mounted Port rog phone 3

Desain port yang berada disamping membuat posisi menjadi lebih nyaman ketika bermain game mode landscape, karena tidak akan ada gangguan dari kabel USB charging yang sedang kita pasangkan dengan ponsel.

Aura RGB Lighting


Aura RGB Lighting rog phone 3

Dan terakhir Fitur Aura RGB ini sangat solid dalam memperlihatkan nilai esensial gaming dari ROG Phone 3. Selain itu, Logo ROG yang bersinar kelap-kelip membuat tampilan smartphone jadi lebih keren dan menyenangkan.

The Most Immersive Gaming Experience


Tersedianya dukungan aksesoris-aksesoris khusus membuat ROG Phone 3 terlihat semakin spesial lagi. Disamping itu, menambah ekosistem perangkat dengan peralatan tersebut akan lebih terasa lagi nuansa gamingnya, disamping itu juga experience bermain game tetap menjadi prioritas utama. 

ROG Kunai 3 Gamepad


ROG Kunai 3 Gamepad

Biarpun sudah ada fitur AirTrigger 3 yang memberikan pengalaman bermain game lebih mudah dan instan. Jelas akan terasa lebih menyenangkan lagi jika yang dipakai adalah sebuah controller fisik seperti Gamepad ROG Kunai 3 ini.

Dengan menggunakan ROG Kunai 3, memainkan game mobile terasa lebih nyata. Terlebih model bermain yang disuguhkan lebih fleksibel dan banyak pilihan. Kemudian peralatan ini juga dapat diakses melalui fitur key mapping, Game Genie dan support dengan berbagai game yang bisa dicheck lewat fitur Armoury Crate.

ROG TwinView Dock 3


TwinView Dock 3

Jika menggunakan satu layar smartphone masih tidak cukup, terdapat alternatif bermain dengan TwinView Dock 3 yang menawarkan pengalaman gaming secara extend atau layar ganda. Perlengkapan gaming ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dan juga kipas.

Menariknya lagi layar dari aksesoris ini sudah mendukung refresh rate 144Hz, yang secara spesifikasi akan collab dengan ROG Phone 3. Memakai aksesoris ini tentu menambah sensasi bermain game lebih fleksibel dan luas.

ROG Clip


ROG Clip rog phone 3

Aksesoris gaming berikutnya ada ROG Clip yang bisa menjadi penghubung antara Controller seperti dengan ROG Phone 3 dengan sangat mudah. Baik itu controller PlayStation 4, Xbox One ataupun kontroler Google Stadia,

Dukunganya memberikan berbagai pilihan memainkan sebuah game, apakah ingin memakai kontroler konsol di ponsel maupun tidak. Pemasangannya juga mudah, cukup taruh smartphone didudukan yang tersedia, kenyamanan bermain game seperti halnya menggunakan sebuah konsol akan segera didapatkan.

ROG Lighting Armor Case


rog Lighting Armor Case

Meningkatkan permainan dengan style keren, namun tetap memberikan perlindungan terhadap ponsel, alternatifnya bisa memasang ROG Lighting Armor Case. Peralatan ini bisa memberikan pengalaman visual yang elegan dengan penampilan yang lebih sporty dengan Aura Lightingnya yang bergaya dot Matrix.

Menariknya, saat item ini terpasang terdapat juga settingan yang memungkinkan untuk mengganti tema dari Aura Lighting. Dengan ini visual yang ditampilkan menjadi lebih dinamis dan makin keren lagi.

ROG Cetra RGB Gaming Headphone


ROG Cetra RGB Gaming Headphone

Demi pengalaman gaming lebih fokus, ROG Cetra RGB adalah pilihan terbaik karena headset kabel ini dirancang memang khusus untuk gaming. walaupun begitu, aksesoris gaming ini juga portable karena dapat terpasang diberbagai platform, baik digunakan pada smartphone, PC/Laptop, bahkan pada Nintendo Switch sekalipun. 

Headphone ini juga dipersenjatai dengan teknologi Active Noise Cancelling (ANC), berguna untuk memblokir suara yang tidak diinginkan. Lalu ambient mode yang akan memungkinkan mendengar suara disekitar tanpa perlu melepas headphone dan menggunakan 10mm ASUS Essence driver untuk suara yang imersif.

Camera ROG Phone 3


Camera ROG Phone 3

Sekarang kita pindah kesektor fotografi, nampak jelas bahwa ROG Phone 3 mempunyai kompartemen kamera utama yang cukup panjang dari seri yang lain. Fungsinya tentu saja untuk menempatkan sensor kamera belakang yang kini jumlahnya ada 3 buah. Kamera utama ponsel ini sendiri terdiri dari Sony IMX 686 64MP, ditambah 13MP ultrawide angle untuk kamera kedua dan juga sebuah kamera Macro 5MP.

Fitur yang disematkan juga telah mengalami peningkatan, seperti Pro Video Mode yang bisa berguna untuk mengatur perekaman video secara manual, Wind Filter dan fungsi Acoustic Focus yang bisa menghasilkan kualitas video lebih bagus lagi. Lalu untuk sisi depan ponsel terdapat kamera selfie 24 MP yang juga bisa digunakan sebagai video live streaming.

Biarpun begitu, untuk HP gaming sendiri sih sebenarnya kamera itu bukanlah sebuah hal yang paling diutamakan. Namun melihat spesifikasi sensor kamera seperti diatas, rasanya ROG Phone 3 bakalan bisa diandalkan untuk menangkap sebuah momen, terutama dengan sensor utama mereka yaitu Sony IMX 686 karena sudah masuk pada jajaran kamera smartphone flagship.

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Phone 3


Processor

3.1GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 650

RAM/ROM

LPDDR5/UFS3.1, 8GB/128GB, 12GB/256GB

Display

6.59inch 19.5:9 2340×1080 (391ppi) 144 Hz/1ms AMOLED 10 bit HDR10+ certified;

270 Hz touch sampling rate, 25ms touch latency, 18ms touch slide;

650 nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E<1;

1.07 billion colors;

1.000.000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch);

TÜV Rheinland Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

UI

Android™ 10 with ROG UI

SD storage

NO-SD card reader; NTFS support for external HDD

Sensor

Accelerator, Proximity, E-Compass, in-display fingerprint sensor, Hall sensor*2, Ambient light sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press

Main Rear Camera

Sensor 64MP SONY IMX 686, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7inch sensor, 2×1 OCL PDAF, LED flash

Second Rear Camera

13MP, 125inch  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11 mm equivalent focal length in 35 mm film camera

Third Rear Camera

5MP Macro, F2.0

Front Camera

24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0, 27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording

8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera) 4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera),

@ 30 fps (second rear camera) 1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps 3-axis electronic image stabilization for rear cameras Time Lapse (4K) Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps;

720p @ 480 fps) Take still photo while recording video

Speaker

Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound 7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output

Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality GameFX audio system for improved in-game audio experience New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Microphone

Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Wireless Technology

WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6 2×2 MIMO, Bluetooth 5.1 Wi-Fi Direct support

Navigation

GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a), BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards

Dual SIM dual standby Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card 5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate  

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1) FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps 4×4 MIMO and CA with 4×4 MIMO support

Bands  

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)

Interface

Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC

Support (Card mode support in power off)

OS

Android™ 10

Battery

6.000 mAh

Charger

Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter

Dimensions

171mm, 78mm, 9.85mm

Weight

240 grams

Price

Rp.9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage)

Rp.14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)


Haruskah Membeli ASUS ROG Phone 3?


Haruskah Membeli ASUS ROG Phone 3?

Memilih smartphone untuk keperluan gaming itu seperti halnya memilih katana bagi seorang samurai, harus sesuai dengan performa yang dihasilkan dan diharapkan.

Nah ASUS ROG Phone 3 ini juaranya kalo bicara soal performa layaknya katana milik samurai. melihat spesifikasi yang ditawarkan saja, saya langsung tau bahwa memang ponsel ini sangat powefull ketika digunakan dalam bermain game bahkan yang berat sekalipun.

Selain performa, bisa dilihat bahwa ROG Phone 3 ini dibekali fitur gaming yang penempatannya sudah sangat dipikirkan secara matang, pastinya ini akan menyuguhkan kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya. Jangan lupa juga dukungan aksesoris akan memberikan style bermain game dengan keunikan yang tiada duanya.

Lalu ROG Phone 3 ini ditujukan untuk Siapa?
  • Bagi kalian yang ingin merasakan experience bermain game mobile dengan performa paling ngebut.
  • Bagi kalian yang menginginkan baterai dengan kapasitas besar biar bisa menggunakan HP untuk waktu yang lama.
  • Bagi kalian yang lebih mementingkan performa dari pada kamera yang bagus.
  • Bagi kalian yang menginginkan tampilan layar yang sangat halus, serta memiliki resolusi yang melebihi QHD.
  • Bagi kalian yang hobi bermain game, baik gamer casual, newbie ataupun gamer hardcore sekalipun.
  • Dan yang terakhir tentu untuk kalian yang memiliki julukan #TheRealSULTAN.
Biarpun memang sebenarnya smartphone ini dikhususkan untuk para gamer dan sultan dari segi spesifikasi, tapi untuk arah desain yang asus tawarkan kali ini lebih minimalis dan tidak terlalu melekat nuansa gamingnya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terlihat kalau ponsel ini mencoba untuk menarik kalangan non-gamers juga.

Dimana Membeli Original ASUS ROG Phone 3?

Sebelum itu, ASUS menawarkan ROG Phone 3 ini dalam dua varian yang bisa didapatkan secara resmi di indonesia. Pada varian model dengan spesifikasi 8GB RAM & 128GB Storage dibanderol dengan harga Rp.9.999.000, dan varian model dengan spesifikasi 12Gb RAM & 256GB Storage dibanderol dengan harga Rp.14.999.000.

Pembelian secara online bisa kunjungi di e-commerce:

Aplimelta
Aplimelta Tukang Cuci Piring, Tukang Sampah, Penggemar Tahu Krispi, Penikmat Jalan Sunyi, Hobinya bukan aktifitas Blogging tapi Suka Menulis, Lagi Serius Belajar menjadi Android Developer, Ketagihan Makan Indomie, Filsafat juga dicicipi, Sering Baca Buku Fiksi dan belum semangat Nikah!

Post a Comment for "Bicara Performa, ASUS ROG Phone 3 Juaranya Smartphone Gaming"

Berlangganan via Email