Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Tidak Terbaca Sama Sekali

Aplimelta.com - Cara Memperbaiki Kartu Memori yang tidak terbaca pada HP sebenarnya gampang-gambang susah. Hal ini tergantung dari penyebab dan masalah kerusakan Micro SD Card itu sendiri. ketika sobat mengalami penyimpanan kartu SD tiba-tiba tidak terbaca, Memory Card tercabut tiba-tiba, engga perli panik, karena hal semacam ini sudah wajar di alami oleh pengguna Smartphone.

Alangkah baiknya jika masalah kartu SD hp tidak terbaca ataupun alasan lainnya, bahwa patikan kalo benda itu adalah milik kita sendiri. Sebab begitu disini kita akan lebih mengetahui faktor yang menyebabkan memori card rusak. khusunya pengguna android yang biasanya kartu memori tidak bisa dibaca atau mungkin terbaca, tapi pas di buka isinya kosong.

Penyebab dari kesalahan memori kartu sd tidak terbaca sendiri memiliki beberapa dorongan faktor umum yang sering kamu lakukan.

Pertama mungkin sobat sering memindah memory card dari satu handphone ke ponsel yang lain. meskipun terlihat sepele dan biasa, kesalahan ini menyebabkan kuningan yang ada pada kartu memori akan terkikis dan tergores. akibatnya SD card tidak di baca dengan baik oleh smartphone kalian.

Walaupun kerusakan Memory Card memang bisa dibenarkan kembali. tetapi sebenarnya tidak semua jenis kerusakan dapat diperbaiki dengan benar. contohnya saja kartu SD patah, dalam masalah ini memori sudah mustahil lagi untuk di pulihkan lagi.

Lalu, berbeda jika kerusakan disebabkan oleh faktor internal. seperti terkena virus, file terhidden, tidak dapat menghapus file dan yang lain. masih ada solusi dan harapan memori sobat bisa kembali seperti semula. walaupun tidak 100% bisa terselamatkan.

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang tidak Tidak Terbaca Sama Sekali


Cara Memperbaiki Memori Card yang Tidak Terbaca sama sekali


Disini akan saya kasih beberapa metode tips mengatasi kartu sd rusak guna membuat memory card hp yang terhidden dapat digunakan kembali seperti semula.

Tak usah lama lama, langsung aja kita ke pokok penyelesain nya.

1. Copot dan Pasangkan Kembali SD Card

Kamu bisa mencoba tips ini.

2. Bersihkan Kartu SD dari Kotoran

Biasanya kotoran yang menempel di kuningan SD Card bisa menyebabkan memori hp tidak bisa terbaca. hal ini di tandai karena kuningan tersebut tertutup dan tidak bisa mengalirkan listrik kecil langsung menuju smartphone.

sehingga kartu sd sobat tidak terbaca dengan semestinya, oleh android. cobalah untuk membersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil dengan cara di gosok.

jangan terlalu keras, gosok saja secara perlahan sampai bersih. ketika dirasa cukup, pasangkan lagi kartu sd di hp kalian. berhasil atau tidak?

3. Cara mengatasi kartu memori tidak terbaca lewat PC

Pertama, hubungkan hp android sobat ke Komputer menggunakan Kabel Data.

Pastikan Terhubungnya dalam mode "Mass storage mode (MSC)" ya, bukan "Media transfer mode (MTP)".

Sekarang Buka Windows Explorer >> klik kanan pada drive kartu memory.

Sekarang tunggu hingga semua proses penyeleksi selesai.

Setelah Selesai. coba kamu cek, apakah sudah terbaca atau belum.

jika masih belum ter-read. sekarang coba lakukan langkah yang terakhir.

4. Format Kartu Memori

disini kamu bisa melakukanya menggunakan hp android atau pun dengan Komputer. tapi, dalam panduan yang akan saya berikan disini menggunakan smartphone.

Masuk ke menu pengaturan hp kalian.

Sekarang cari menu "Penyimpanan". (disini setiap ponsel memiliki lokasi penyimpanan yang berbeda beda).

Inilah tahap inti dari tutorial perbaikan kartu sd tidak terbaca. kita akan memperbarui Memory SD Card dengan cara memformatnya (pulihkan seperti semula).

Namun, dalam hal ini. Semua data serta File kalian yang tersimpan di Kartu Memori akan di hapus dan hilang. baik itu musik, foto, video atau file apapun.

Jadi, jika kartus sd kamu bisa terbaca di laptop tetapi tidak terdeteksi di hp. lakukan pemindahan file data penting kalian dulu dengan menyimpan di laptop.

Namun, jika tidak terbaca semua baik di pc maupun hp. sobat ikhlaskan saja data tersebut.

Kalo masih tidak terbaca, berarti tandanya minta di ganti dengan yang baru. Langkah Pencegahan, sobat selalu menyalin dan menduplicate file yang tersimpan di sd card. seperti mencadangkan di hosting web sendiri atau numpang di google drive. dan lebih aman lagi di penyimpanan komputer sobat saja.

Supaya jika ada masalah seperi ini lagi, kalian bisa me-restore kembali karena sudah mempunyai data salinannya. Itulah ulasan saya mengemai cara memperbaiki Kartu memori yang tidak terbaca sama sekali di HP Android. semoga membantu dan bermanfaat bagi sobat semua.