2+ Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di Android

Aplimelta.com - Saat chatting dengan seseorang melalui aplikasi whatsapp, pastinya pernah ada pesan sekiranya itu sangat penting. karena penting maka hal yang harus dilakukan adalah mengamankan isi percakapan tersebut dengan cara membackup chat wa tersebut. hal ini berguna apabila di lain hari nanti membutuhkan isi pesan dan ingin membukanya, maka kita bisa memakai cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus melalui ponsel baik android maupun iOS.

Dengan Melakukan proses pencadangan Chat wa bisa dibilang solusi jitu. Misal saat ingin berganti hp dan tidak ingin kehilangan isi perpesanan bisa dengan mudah restore chat whatsapp secara manual. Jadi saya kira fitur aplikasi chatting ini memang sangat bermanfaat.

Walaupun nanti nya semua isi pesan whatsapp sudah terhapus, kita masih bisa memulihkan kembali semua chat tersebut seperti sedia kala baik itu file gambar, foto, video, stiker, document dan lain-lain.

Terlebih bila ingin menggunakan fitur Backup atau Cadangkan chat di whatsapp ini yang di butuhkan hanyalah sebuah akun gmail milik google saja. karena tempat untuk menyimpan pesan wa sobat adalah google drive.

Oke, mari masuk ke topik utama postingan ini yakni tentang cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus di iPhone atau di Android.

Lalu bagaimana...

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus


Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di Android

Sekarang, untuk cara memulihkan cadangan wa, sobat baca panduan yang akan tersaji di bawah ini. Lalu pastikan bahwa email yang saat ini terpasang di hp dulunya adalah pernah untuk melakukan pencadangan pesan whatsapp.

Misal kalo belum pernah di cadangkan maka tutorial ini tidak akan bekerja karena panduan ini ini bukan cara mengembalikan chat wa yg terhapus lama tanpa backup atau cara mengembalikan chat wa yang hilang tanpa dicadangkan, bahkan mungkin juga untuk cara mengembalikan chat wa yang terhapus sebelum di backup.

Sudah tau syarat nya? mari langsung saja...

INGAT YAA, Sebelum melakukan cara ini pastikan sebelumnya pesan sobat sudah di cadangkan terlebih dahulu.

  1. Pertama sobat Buka Aplikasi whatsapp, lalu daftar kan seperti saat baru pertama kali membuat akun wa.
  2. Nah nanti akan muncul notif untuk mengembalikan pesan whatsapp yang sebelumnya sudah di backup.
  3. Sekarang silahkan sobat pilih "restore".
  4. Tunggu hingga proses pemulihan selesai.
  5. Bila sekiranya chat wa sudah kembali pulih tinggal masukkan nama akun whatsapp saja di tahap selanjutnya.

Sekarang coba sobat lihat, chat whatsapp yang penting tadi masih ada kah?

Lalu bagimana...

Cara Backup Chat Whatsapp di Google Drive


Sebenarnya syarat untuk mencadangkan chat whatsapp di hp seperti yang saya bilang hanya membutuhkan sebuah email saja. dalam hal ini sobat pasti sudah memiliki akun tersebut yang terkait dan terhubung di smartphone masing-masing.

Tapi kalo belum punya, bisa bikin dulu di artikel berikut ini: Cara Membuat Akun Email Gmail di Android

Sebelum melakukan pencadangan, pastikan riwayat chat sobat masih ada dan jangan di hapus terlebih dahulu.

  1. Buka aplikasi whatsapp sobat.
  2. Pilih icon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih menu Setelan >> lalu Chats >> Chat Backup.
  3. Pada halaman selanjutnya, jangan langsung tekan cadangkan. terlebih dahulu atur opsi pada google drive settings.
  4. Lalu untuk opsi Akun, pilih Account google mana yang ingin dibuat sebagai host penyimpanan pesan whatsapp sobat.
  5. Jika sudah selesai tinggal klik Cadangkan saja.
  6. Tunggu hingga proses pencadangan selesai.

Jika sudah sukses, mari kita uji coba dengan menghapus aplikasi whatsapp sobat. dan lalukan tutorial pertama yakni cara mengembalikan chat wa yang terhapus lama. gausah khawatir karena pesan tersebut sudah terbackup.

Dalam mengatur opsi pada google drive setting tadi, pastikan sobat pilih daily saja. karena dengan begitu setiap hp terhubung ke koneksi internet atau disaat menggunakan wifi maka secara otomatis pesan whatsapp akan terbackup dengan sendirinya.

Perlu di ingat! Panduan diatas hanya bisa dipraktekkan dengan aplikasi whatsapp original yaa teman-teman. jadi bila sobat memakai app MOD seperti GBWhatsapp, YOWhatsapp dan yang lain maka tidak akan berhasil karena aplikasi tersebut masih belum support.