Aplimelta.com - Sekarang ini pengguna Smartphone bukanlah sedikit. hampir semua orang setiap hari bergantung dengan alat ini, Khususnya android. Sayangnya, dengan meningkatnya pemakaian ponsel hal itu juga menambah jumlah adanya serangan malware dan virus Hp.

Serangan malware atau virus pada hp android, merupakan mimpi buruk bagi semua orang. Walaupun peluang yang ada masih sedikit. Tetapi, jika smartphone terinfeksi pasti akan membuat kerugian pada diri kita.

Hal itu mencakup pencurian data pribadi atau bahkan lebih buruk lagi. Nah, Cara terbaik untuk menghindari infeksi virus pada Smartphone HP adalah dengan mewaspadai gejala atau tanda-tanda malware di Android.

Mungkin kamu pernah Berfikir bahwa Hp Android kamu terinfeksi Virus.

Virus atau Malware ini merupakan perangkat lunak berbahaya yang dibuat untuk merusak file sistem.

Ada banyak jenis malware seperti virus, adware, Trojan, spyware, worm, dan ransomware . Program-program ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada perangkat hp sobat. Jadi, kamu harus sedikit lebih memperhatikan hal ini.

Untuk itu, kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai gejala atau ciri-ciri Smartphone Hp kalian telah terinfeksi virus.

Tanda Hp Android terdapat virus dan malware


Tanda Hp Android terdapat virus dan malware

Ada beberapa tanda pasti bahwa smartphone Android kamu telah terinfeksi oleh virus atau semacam malware.

#1. Munculnya pop-up secara tiba-tiba

Jika sobat pernah menemukan iklan dan pop-up di hp android, itu adalah mungkin tanda ponsel kalian telah dimasuki malware atau adware. Iklan ini akan muncul secara tiba-tiba dan langsung menautkan ke situs web.

Sobat jangan klik iklan tersebut. Coba ingat, mungkin kamu pernah menginstall beberapa aplikasi yang membawa adware ke smartphone hp. Jika memang ada, langsung copot atau hapus aplikasi dengan segera.

#2. Peningkatan penggunaan data

Ketika hp telah terinfeksi oleh bug jahat (virus). Cara kerja malware ini, mereka akan menggunakan koneksi data internet pada ponsel.

Tujuan nya untuk menampilkan iklan atau mengirim informasi dari smartphone kalian. Jika kamu melihat lonjakan secara tiba-tiba dalam penggunaan koneksi internet. bisa jadi android sobat telah terinfeksi malware.

Untuk mengetahui aplikasi mana yang di tertanam virus. sobat periksa pengaturan >> Koneksi >> penggunaan data.

Dalam menu ini, silahkan teliti apakah ada aplikasi mencurigakan yang menggunakan internet secara berlebihan.

#3. Baterai cepat habis

Virus dan malware pada hp android menggunakan sumber daya ponsel sobat untuk memicu infeksi. Salah satu tanda smartphone kamu terinfeksi adalah borosnya baterai.

Yaa, walaupun baterai hp cepat habis adalah perkara yang biasa. tetapi, kamu juga tidak boleh lengah. coba periksa terlebih dahulu.

Buka menu Pengaturan >> Pemeliharaan Perangkat >> Baterai. Monitoring aplikasi mana yang paling menyedot penggunaan batterai hp android. jika di rasa tak ada masalah, berarti baterai kamu memang telah rusak.

#4. Panggilan dan SMS yang Mencurigakan

Gejala atau tanda-tanda hp kamu infeksi virus adalah adanya panggilan telepon dan pesan yang belum pernah kalian lakukan. maksudnya, tiba-tiba saja android sobat menelepon atau mengirim sms dengan sendirinya.

Sebuah virus menyebar dari satu perangkat ke perangkat lain melalui sms, email dll. Jika smartphone sobat terinfeksi, mungkin pesan yang dikirim berupa tautan / link. biasanya dilakukan dengan cara spam.

#5. Kinerja Hp buruk dan cepat panas

Seperti yang saya bilang diatas. saat android sobat terinfeksi oleh malware seperti virus, worm, atau adware. mereka menggunakan sumber daya ponsel sebagai pemicu. Tidak heran jika telepon Anda mulai memanas di bawah tekanan.

Jika hp android tiba-tiba menjadi lambat, lemot, lelet dan memanas dengan sangat cepat meskipun jarang menggunakannya. kemungkinan besar, disebabkan oleh malware.

#6. Muncul aplikasi mencurigakan

Hal ini merupakan gejala atau tanda virus malware Android yang sangat umum dan sering kali di abaikan. Malware dapat memasuki smartphone hp dengan aplikasi kamu unduh dan di install.

Mereka menumpang aplikasi tersebut, bahkan kamu tidak akan tahu bahwa telah menyimpan virus hingga terlihat ciri-cirinya.

Saran saya, untuk mencegah hal ini. lakukanlah pemasangan aplikasi melalui google play store saja. untuk iOS (iPhone / iPad) melalui App Store.

#7. Internet tersambung sendiri

Virus dan malware ternyata juga menggunakan koneksi internet untuk menyebarkan nya. Jika kamu melihat bahwa hp secara misterius mengaktifkan /ON Wi-Fi dan koneksi data tanpa di ketahui. itu bisa disebabkan oleh malware.

Program-program ini dapat mengesampingkan preferensi dan terhubung ke internet. Jika sobat melihat aktivitas internet yang tidak biasa, pindai hp android dengan anti-virus.

Kesimpula Gejala HP Terkena Virus dan Malware


Ada banyak langkah pencegahan untuk menjaga ponsel bebas dan aman dari gejala virus hp Android ini. Meskipun sebagian besar adware dan virus mudah dihilangkan, tapi ada beberapa bug jahat yang kompleks seperti spyware yang tidak mudah untuk dihilangkan.

Jadi, penting untuk selalu memeriksa dan mengelola tindakan pencegahan. bukan tindakan perbaikan.

INGAT!! Setiap mengunduh aplikasi dari play store. alangkah baiknya periksa peringkat dan ulasan terlebih dahulu. Jika memiliki peringkat rendah dan jumlah unduhan rendah, tips terbaik adalah menghindari aplikasi itu.

Itulah yang bisa saya bagikan. semoga bermanfaat bagi sobat semua. bila ada yang ingin di pertanyakan, tulis saja di kolom komentar.

Post a Comment