Aplimelta.com - Smartphone Hp dengan kecepatan yang lelet itu pasti sangat bikin kesal. Terlebih pas saat kita sangat membutuhkannya karena keperluan, bukan kesel lagi deh malah bisa naik darah. namun, sobat jangan terburu-buru untuk ganti ponsel ke yang baru yaa. sebab masalah itu bisa saja karena ada yang tidak beres pada android maupun iOS sobat. jadi, handphone bisa lemot deh.

Jika sobat merasa sangat kesal dengan hal itu. mari coba kita analisis apa saja penyebab hp android kalian kinerja nya menjadi lemot. maka dari itu simak pembahasan di bawah. karena tips kali ini yakni mempercepat smartphone kalian yang lelet bias kembali normal lagi.

Cara Mengatasi HP Lemot Tanpa Root


Cara Mengatasi HP Android Lemot tanpa Aplikasi

1. Update Sistem Operasi (OS)

Biasanya OS hp yang lawas, masih terdapat bug yang belum di perbaiki. mungkin hal itu yang menyebabkan android kita jadi lemot. nah, dengan melakukan pembaharuan sistem operasi akan memperbaiki bug tersebut. bahasa istilahnya fix bug.

Lalu bisa jadi dengan di perbaiki masalah bug tadi, dapat mempercepat kinerja dari smartphone hp. karena file bug tadi yang coorup akan hilang, sehinga hp tidak akan mengalami masalah saat di jalankan.

Disamping itu juga, dengan melakukan update pada OS biasanya akan di tambahkan fitur baru. jadi, tak usah khawatir jika itu hanya buang-buang paket internet.

Cara mengetahui hp android/iPhone sobat telah terbaharui atau belum bisa di lihat di setelan. silahkan masuk ke menu setting >> software update >> lalu cek for update. pada menu ini jika kamu menemukan versi update terbaru langsung unduh saja.

2. Install Aplikasi terpenting

Kebanyakan memasang aplikasi memang akan membantu meringankan kerja kalian. tetapi, tidak pada smartphone yang di pakai. Banyak app yang terinstall dapat menjadi penyebab hp lelet. karena setiap aplikasi itu membutuhkan ruang penyimpanan.

Jika penyimpanan telah di penuhi dengan berbagai macam aplikasi. bisa di pastikan penggunaan RAM pada perangkat akan bekerja lebih ekstra. apalagi spesifikasi handphone yang di miliki memiliki spek kentang. pasti berakibat ke kinerja ponsel.

Selain Menyedot penggunaan RAM, menginstall banyak aplikasi juga membuat penyimpanan internal semakin penuh. namun, tidak masalah jika app tersebut bisa di pindah ke penyimpanan eksternal.

Kadang juha ada hp lemot padahal aplikasi sedikit.

3. Bersihkan Recent Apps

Mengenai tentang recent app ini, mungkin banyak dari kamu yang mengabaikan hal tersebut. sebenarnya Recent apps juga membutuhkan akses ke penyimpanan RAM. semakin menumpuk recent app maka semakin terkuras juga kapasitas RAM yang di pakai.

Perhatikan, membersihkan sisa penggunaan aplikasi tidak lah lama. jadi kenapa harus di tumpuk terus menerus kan. biarpun applications tidak di gunakan, sebenarnya juga recent app masih berjalan melalui penyimpanan latar belakang.

Seperti yang saya bilang, jangan abaikan hal ini.

4. Nonaktifkan Auto Sinkronisasi

Auto Sinkronisasi selain menyebabkan hp lemot, juga membuat ponsel jadi cepat panas. pasalnya, sinkronisasi ini berjalan jika terdapat sambungan ke koneksi internet.

Jadi, coba matikan auto sinkronisasi ini jika dalam keadaan ON. caranya masuk ke menu pengaturan hp >> Account & Sync.

Walaupun sinkronisasi penting untuk dapat pemberitahuan tentang akun / email. tapi, tidak apa-apa karena sobat juga bisa menghidupkan nya kembali.

5. Hapus Data Cache Aplikasi

Data cache adalah penyimpanan sementara dalam penggunaan RAM. Cache berguna untuk dapat membuka aplikasi dengan cepat dalam recent app.

Seperti yang saya bilang, recent app juga bisa menjadi penyebab hp menjadi lemot. jadi, jangan sungkan juga membersihkan data cache pada aplikasi.

Caranya, masuk ke menu setting >> Aplication >> All. sekarang buka aplikasi yang ingin di hapus cache nya, pilih hapus cache.

6. Matikan GPS & Bluetoot

GPS dan Bluetoot bisa menjadi penyebab kecepatan hp lelet. selain itu juga mengakibatkan cepat panas. apalagi jika GPS aktif dengan koneksi internet. kinerja aponsel akan menjadi semakin berat juga.

7. Factory Reset

Dalam keadaan mendesak, jika sudah dilakukan berbagai cara. bisa melaukukan kembalikan ke pabrik. walaupun sebenarnya melakukan factory reset harus secara berkala. tetapi banyak orang yang tidak mengetahui hal ini.

Tujuan Factory reset adalah menghapus file sampah yang error. ada banyak file yang sudah corrupt, mungkin mengakibatkan kecepatan hp lemot.

Nah, dengan melakukan factory reset ini akan membuat kinerja ponsel sobat seperti baru. Cara melakukan Factory Reset, masuk ke setelan >> Backup dan Reset >> factory reset.

Nahh, itulah yang bisa saya bagikan mengenai cara mengatasi hp lemot. semoga bermanfaat bagi sobat semua. bila ada yang ingin di pertanyakan, tulis saja di kolom komentar.

Post a Comment